Tuesday, January 1, 2008

Ramalan

Menjelang tahun 2008 saya lihat cukup banyak ramalan yang ditampilkan di televisi. Saya secara pribadi tidak begitu menyeriusi ramalan, biasanya betapapun baik atau buruk suatu ramalan saya segera melupakannya. Saya lebih suka mengalami sendiri peristiwa yang akan terjadi tanpa harus mengetahui ramalannya.
Namun, saya bisa memahami kenapa ramalan digemari, ramalan bisa membuat kita mempersiapkan masa depan lebih baik dan lebih mudah. Memang kita umumnya suka jalan singkat dalam menghadapi berbagai masalah. Meski begitu, janganlah berlebihan mempercayai ramalan, supaya tidak terjebak ke dalam kesyirikan.
Saya sendiri menduga bahwa ramalan akan lebih mungkin terjadi pada orang yang mengetahui dan memercayai ramalan itu. Jadi, mungkin lebih baik kita tidak usaha mengetahui ramalan-ramalan yang buruk apalagi memercayainya.

No comments: